Mengenal Stiker Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu, Harga, Fungsi, Serta Cara Pemasangannya

OSEPEDIA - Anda berencana mau membeli stiker kulkas 1 pintu? atau malah striker kulkas 2 pintu? Bingung mau beli dimana, belum lagi karena tersedia jenis stiker yang begitu banyak baik di aplikasi belanja online seperti shoppe, lazada, tokopedia, maupun bukalapak. Padahal anda butuh cepat dan ingin segera memasangnya di kulkas kesayangan anda dirumah.

Lalu dimana harus membeli striker kulkas yang tepat? Bagaimana cara memilihnya??

Pemasangan striker biasanya dilakukan agar kulkas kelihatan bersih dan terhindar dari kotoran-kotoran seperti debu. Hal ini sama manfaatnya saat memasang striker di sepeda motor atau dibelakang hp, selain biar kelihatan menarik karena coraknya yang unik juga bisa menambah kesan mewah.



Apa Itu Stiker Kulkas?

Cara memasang stiker kulkas

Berbicara tentang stiker, saya yakin anda sudah mengenal bagaimana tampilannya, bentuknya, maupun cara memasangnya. Tetapi bagi anda yang masih belum paham sekali, tenang saja anda bisa mengetahuinya melalui ulasan ini.

Stiker Kulkas adalah media menyerupai kertas berbahan seperti HVS, Kromo, Vinyl yang memiliki perekat (adesive) dibagian belakangnya, sehingga dapat dengan mudah ditempelkan di bagian tertentu pada kulkas.

Zaman dulu, didepan kulkas biasa ditempel hiasan berupa magnet atau stiker-stiker lucu nan mungil. Saat sekarang, tidak seperti itu lagi. Kebanyakan malah memasang stiker di kulkas yang mengcover seluruh bagian daun pintu. Sehingga kulkas di rumah atau dapur desainnya tidak begitu-begitu saja.


Manfaat / Fungsi Pemasangan Stiker di Kulkas

Stiker kulkas memiliki beberapa fungsi sekaligus, yang paling utama dan pertama adalah membuat kulkas terlihat indah dan tidak membosankan karena stiker kulkas biasanya didesain dengan unik. Yang kedua adalah menutup bagian pintu kulkas yang warnanya pudar maupun rusak atau berkarat.

Yang ketiga stiker bisa menjaga kulkas terhindar dari kotoran / debu. Manfaat yang terakhir yaitu dengan ada stiker maka bisa membuat kulkas terlindungi dari goresan / coretan yang tak disengaja.

Bagaimana, anda tertarik memasang stiker di kulkas anda?? Saya rasa keputusan anda untuk memasangnya adalah pilihan yang terbaik.


Jenis Stiker Kulkas

Sebenarnya belum ada ketentuan khusus jenis dan bahan stiker yang baik untuk ditempelkan di kulkas. Pada dasarnya, apapun jenis stiker bisa kok anda tempel ke bagian manapun di kulkas.

Hanya saja yang perlu anda perhatikan adalah stiker yang hendak ditempel ke badan kulkas, usahakan stiker yang tidak mudah sobek, tidak cepat luntur, atau warna yang cepat memudar.

Namun, bila maksud anda hanya sekedar menempel stiker kecil seperti tulisan “jangan lupa menutup pintu kulkas”, stiker logo atau hiasan, maka mending gunakan saja stiker berbahan HVS, kromo, hingga vinyl.

Akan tetapi bila anda melapisi keseluruhan pintu atau badan kulkas, sebaiknya pilih jenis bahan stiker dari vinyl.

Stiker kulkas sendiri pada umumnya memiliki material vynil yang memang populer sebagai bahan stiker. Stiker vynil yang bagus sendiri memang awet dan saat dikelupas tidak merusak medianya. Jadi pilih stiker kulkas berkualitas. Mimin rekomendasikan untuk menggunakan stiker vynil yang dibuat oleh Ritrama atau Oracal karena sudah terbukti dan teruji kualitasnya.

Ada berbagai jenis bahan stiker yang bisa anda pilih untuk kulkas anda di rumah yaitu:

  1. Stiker Kromo (Tidak disarankan untuk stiker pelapis kulkas)
  2. Stiker Vinyl Ritrama
  3. Stiker Vinyl Oracal
  4. Stiker Scotchlight
  5. Stiker Transparan
  6. Cutting Stiker
  7. dll

Ukuran Stiker Kulkas

Salah satu hal penting yang perlu anda ketahui sebelum akhirnya membeli stiker kulkas adalah bagaimana dengan ukurannya.

Semestinya dengan mengetahui berapa ukuran stiker yang sesuai dengan kulkas yang ingin anda tempeli, maka bisa menghindari kesalahan dalam pembelian, seperti stiker tidak akan cukup atau bahkan terlalu besar untuk menutupi kulkas sehingga hasilnya akan terlihat jelek.

Ukuran Stiker Kulkas

Secara standar, ukuran kulkas 1 (satu) pintu adalah 60 cm x 125 cm tiap sisinya. Sementara ukuran umum kulkas 2 (dua) pintu adalah 65 cm x 150 cm tiap sisinya. Tetapi untuk mengecek kepastian ukuran kulkas anda di rumah maka alangkah lebih baik bila mengukurnya langsung dengan meteran.

Untuk memudahkan, anda cukup mengukur salah satu sisinya saja. Ukuran ini sebagai pedoman untuk mengetahui berapa banyak stiker yang anda butuhkan. Anggaplah ukuran salah satu sisi sudah anda ketahui dan bermaksud melapisi keseluruhan sisi kulkas kecuali bagian belakang, maka anda perlu membeli 3 lembar stiker ukuran sisi tersebut.


Tips Memilih Desain Stiker

Saat ini, ada banyak sekali beredar motif stiker kulkas dengan pilihan gambar dan warna yang beragam. Desain stiker yang ditawarkan pun sangat menarik. Semuanya sudah dijual di toko-toko online seperti shopee, lazada, tokopedia, bukalapak, dll. Masing-masing menyuguhkan striker yang berkelas dan keunggulan yang berbeda-beda.

Bagaimana cara memilih desain stiker kulkas??

Pada dasarnya jenis stiker apapun bisa anda gunakan dan ditempelkan di kulkas kesayangan anda. Meski demikian, bukan berarti anda bebas memilih lalu menempelkannya begitu saja. Ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam memilih desain stiker.

Apalagi bila anda ingin menempelkan stiker kulkas agar keseluruhan badan kulkas bisa tertutupi. Tentu yang kita harapkan supaya hasilnya bisa apik dan bersesuaian dengan tema ruangan.

Sebagai contoh kulkas anda sudah berumur dan kini warna permukaannya sudah mulai memudar. Ditambah dengan nuansa tema ruangan dimana anda menempatkan kulkas benar-benar minimalis. Sebaiknya pilih stiker pelapis kulkas yang berwarna pastel, kalau perlu jangan yang memiliki banyak motif.

Tetapi kalau anda ingin suasana ruangan lebih berkesan alami dan klasik maka sebaiknya gunakan stiker dengan motif kayu saja.

Bagaimana bila anda menaruh kulkas di ruangan yang memiliki pencahayaan terang dan cerah? Tentu lebih apik bila anda menggunakan stiker berwarna cerah juga, padukan dengan corak yang beragam. Dengan warna ini maka kulkas anda terlihat menarik dan semakin indah.

Jika ternyata kulkas anda berada ditempat yang dipenuhi dengan furnitur berwarna gelap, sebaiknya pilih warna cerah atau kontras, biar kulkas kelihatan menonjol dari benda lainnya di ruangan tersebut.

Sementara bila kulkas anda ditempatkan di ruang makan atau dapur, kemungkinan lebih perfect bila memasang stiker dengan desain bergambar makanan atau dipenuhi icon / gambar alat-alat dapur yang lucu.

Tips ini hanya sekedar masukan dan sebagai bahan pertimbangan saja. Tentu anda yang lebih tahu dan menentukan yang mana yang sesuai dengan selera anda. Intinya, stiker yang dipilih harus disesuaikan dengan tema dan warna dominan di ruangan tempat anda menaruh kulkas.


Cara Mudah Pasang Stiker Kulkas

Pertama-tama siapkan peralatan dan bahan yang digunakan, berikut daftarnya:

  1. Stiker kulkas yang mau ditempel (1 lembar bila hanya pintu kulkas, 3 lembar bila mau menempel di keseluruhan badan kulkas)
  2. Spray yang sudah diisi air sabun atau shampoo
  3. Serokan/Rakel untuk kaca
  4. Kartu bekas perdana
  5. Kain lap kering
  6. Cutter
  7. Obeng
Panduan cara pasang stiker kulkas

Sekarang kita lanjutkan dengan pemasangan stiker di kulkas. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Agar memudahkan pekerjaan anda sebaiknya lepas bagian gagang kulkas lebih dulu dengan menggunakan obeng yang sudah disiapkan.
  2. Sekarang ambil stiker lalu buka sedikit tepi atas penutup perekat di bagian belakang stiker. Ingat!!! jangan dibuka seluruhnya.
  3. Mulai menempel bagian atas stiker yang sudah dibuka ke bagian atas sisi kulkas, terserah mulai dari mana boleh sisi kanan, kiri ataupun pintu kulkas.
  4. Lalu semprotkan permukaan kulkas yang masih belum ketutup stiker menggunakan air sabun/shampoo secara merata agar bagian lem/adhesive dari stiker mudah lengket di kulkas.
  5. Secara perlahan tempelkan stiker ke seluruh permukaan kulkas sambil menarik sisa bagian penutup perekat yang belum terlepas.
  6. Atur posisi stiker dengan baik, jangan berat sebelah dan pastikan tidak ada kerutan pada stiker tersebut.
  7. Gunakan kain lap kering untuk meratakan lapisan stiker, bila ada lekukan pada kulkas sebaiknya ratakan dengan menggunakan serokan/rakel. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar kerutan atau gelembung pada lapisan permukaan stiker bisa hilang.
  8. Biasanya dipintu kulkas terdapat logo yang sudah kian ditempel dan timbul diatas permukaan kulkas. Agar stiker yang sudah ditempel tidak rusak maka lubangi bagian logo tersebut dengan cutter.
  9. Ratakan celah yang timbul akibat lubang cutter di sekitar area logo dengan menggunakan kartu perdana bekas atau rakel, pastikan tidak ada kerutan.
  10. Lanjutkan dengan merapikan kelebihan / sisa stiker yang menggelantung dipinggiran kulkas dengan memotongnya pakai cutter.
  11. Bila masih ada kerutan maka lepas kembali stiker dan semprotkan lagi dengan air sabun untuk kemudian kembali mengatur posisinya.
  12. Lakukan hal yang sama pada sisi kulkas lainnya. Selesai!!

Untuk menempel stiker disisi kanan dan kiri kulkas biasanya mudah sekali karena permukaannya datar. Selain itu kita hanya perlu memastikan stiker tertempel dengan lurus dan tidak ada gelembung serta kerutan pada lapisan permukaannya.


Harga Stiker Kulkas

Harga stiker kulkas sendiri berbeda-beda, tergantung merk dan desainnya. Untuk memperoleh diskon saat pembelian maka usahakan anda membelinya saat aplikasi belanja online mengadakan promo. Beberapa desain unik yang bisa ditemui adalah bentuk telepon umum London, hingga warna-warna dan gambar abstrak yang minimalis cocok untuk desain rumah kekinian.

1. Stiker Kulkas 1 Pintu

Jika anda memiliki kulkas satu pintu maka anda sangat beruntung karena ada banyak beredar stiker dengan desain bagian atas tidak terpotong. Stiker ini malah bisa anda gunakan untuk menutupi keseluruhan bagian kulkas. Berikut contoh desain stiker kulkas satu pintu beserta harganya yang dijual ditoko online lazada dan shopee.

Desain dan Harga Stiker Kulkas 1 Pintu Lazada

Stiker Kulkas 1 Pintu Lazada

Sekedar Info: Jika bunda berencana membeli stiker kulkas 1 pintu di lazada, mimin sudah buat artikel 10 produk rekomendasinya nih, turut disertai harga dan detail produk. Silahkan cek melalui tombol berikut:

Desain dan Harga Stiker Kulkas 1 Pintu Shopee

Stiker Kulkas 1 Pintu Shopee

2. Stiker Kulkas 2 Pintu

Kulkas 2 pintu merupakan produk yang banyak beredar di Indonesia. Pilihan stiker kulkas yang tersedia memiliki desain terpisah namun tetap memiliki tema dan warna yang sama. Cocok banget dijadikan sebagai hiasan kulkas kesayanganmu di rumah. Berikut contoh desain stiker kulkas dua pintu beserta harganya yang dijual ditoko online lazada dan shopee.

Desain dan Harga Stiker Kulkas 2 Pintu Lazada

Stiker Kulkas 2 Pintu Lazada

Desain dan Harga Stiker Kulkas 2 Pintu Shopee

Stiker Kulkas 2 Pintu Shopee

Kesimpulan

Pemasangan stiker kulkas merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa anda lakukan agar tampilan kulkas tetap terlihat tetap menarik. Apalagi bila anda memiliki kulkas yang sudah tua dengan warna yang mulai memudar atau menguning. Dengan stiker maka kulkas anda tampil seperti baru kembali dan membantu meningkatkan keapikan visual di ruangan tempat kulkas anda berada.

Agar pemasangan stiker tidak ada kerutan dan gelembung di permukaan kulkas maka lakukanlah secara pelan-pelan dan hati-hati dengan berpedoman pada langkah-langkah yang sudah mimin jelaskan sebelumnya.

Sebaiknya pilih stiker yang berkualitas dan tidak mudah robek. Ingat, semakin mahal harga stiker maka kualitasnya juga tidak diragukan. Hanya saja belanjalah dengan hemat, kalau perlu tunggu saat barang tersebut dijual dengan diskon biar dapat harga yang miring.

Demikian ulasan tentang ulasan stiker kulkas 1 pintu dan 2 pintu. Semoga bermanfaat buat kita semua.

Posting Komentar untuk "Mengenal Stiker Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu, Harga, Fungsi, Serta Cara Pemasangannya"